Mandi Laut di Pelabuhan Lama

Posted on 30 Juli 2008

24


Petang hari berenang di laut disirami cahaya matahari enak betul rasanya. Apalagi kalau dilakukan secara bersama-sama oleh segala usia baik tua dan muda, tidak perduli itu pria atau wanita. Ada kenikmatan tersendiri kalau sudah terasa air laut yang asin itu di lidah. Kata orang asam di gunung garam di laut tapi kalau mandi laut yang terasa hanya rasa asin saja tidak akan terasa rasa asam seperti dikatakan dalam pepatah.

Sepertinya sudah menjadi trend kini di Kota Sibolga ini mandi laut di Pelabuhan Lama bersebelahan dengan Hotel Wisata Indah tepatnya di Kelurahan Kota Baringin. Begitu sampai ke tempat ini langsung tercium aroma air garam, ombak yang berkejaran seolah memanggil setiap pengunjung agar nyempung ke laut untuk berenang. Saat yang paling ramai mandi laut adalah hari Sabtu dan hari Minggu, baik pagi hari maupun petang hari. Kalau pagi hari sekitar jam 06.00 WIB sudah tumpah ruah manusia berenang di sekitar pelabuhan lama. Apalagi kalau hari minggu sore, mulai dari jam 17.00 WIB semakin banyak orang berenang di laut dan berakhir sampai waktu magrib tiba.Berbagai macam motivasi orang yang berenang di laut itu. Pada umumnya kalau yang sudah tua katanya untuk menghilangkan penyakit asam urat dan rematik, ada pula yang mengatakan untuk memperlancar detak jantung selain untuk menghilangkan penyakit gatal-gatal. Kalau anak remaja umumnya berenang bertujuan untuk mempertinggi badan dan menambah nafsu makan. Ada paham yang dipegang anak yang baru besar mengatakan, bila sering-sering berenang di laut akan cepatlah tinggi badan apalagi kalau diperbanyak makan semakin tegaplah badan.

Bila diperhatikan pada umumnya masyarakat yang datang berenang ke tempat ini datang berombongan bersama keluarganya, ada pula datang bersama dengan kawan-kawannya tetapi ada juga datang bersama kekasihnya. Kelompok yang terakhir ini biasanya didominasi anak-anak usia remaja yang baru beranjak dewasa. Puluhan baju bersusun terletak di semen tembok penaham ombak yang terdapat dibibir pantai, sementara pemilik baju itu sudah berenang di laut sambil tertawa tergelak-gelak bersama kelompoknya menikmati asyiknya suasana laut. Tampak yakin betul mereka menaruhkan dan meninggalkan baju di tembok semen itu karena memang tempat ini memang aman dari orang yang bertindak usil dalam mencuri pakaian.

Lokasi pelabuhan lama ini paling bagus dijadikan objek wisata bahari sebagai andalan di Kota Sibolga. Sebagai dampak pertambahan penduduk yang cepat dan kebutuhan lokasi perumahan yang semakin tinggi sudah sepantasnya pantai terbuka ini dibenahi untuk dijadikan ruang publik yang terbuka untuk umum dan dapat dinikmati oleh masyarkat tanpa dibebani biaya apapun. Semoga pihak yang berkompeten dapat merealisasikannya.

Ditandai:
Posted in: pesisir, wisata