Tari Pesisir

Posted on 17 Desember 2008

33


Tarian dari Pesisir

Berbeda dengan gerak langkah tari dari Minangkabau atau Melayu, pada tari pesisir, sewaktu melangkah kaki diseret. Gerakan langkah kaki demikian terdapat pula pada pencak silat pesisir. Dengan cara begitu kaki tampak halus dan gerakan langkah silat lebih lembut. Berikut ini disajiknan contoh tari dan penyajiannya :

TARI ADOK :

Tari ini disebut juga dengan “tari adat” dipertunjukkan pada perhelatan pernikahan keluarga raja-raja/bangsawan, biasanya dahulu mengaturkan sembah kedua mempelai serya memohon maaf, jika sekiranya nanti terdapat kesalahan-kesalahan sewaktu menari. Maklum yang tengah bersanding adalah keluarga terhormat. Pesan kegotong-royongan tampak jelas tersirat pada kesedinan Sikambang. Misalnya bagi seseorang yang terbeban hutang, hendaklah menjadi tanggungjawab bersama.Hal ini dinyatakan pada syair pantun tari adok :

    Cabik-cabik kain dibeli

    Dihasta tiga setengah hasta

    Minta tabik kami menari

    Jangan disangka kurang basa

    Erang si jambu erang

    Ketiga erang si jambu air

    Jangan tuan berberang-berang

    Kalau hutang sama dibayar

Tari adok diperuntukkansebagai atraksi pembukaan kesenian. Sebelum tari adok dipertunjukkan terlebih dahulu sepasang pengantin mendemonstrasikan satu tarian yang bernama tari tanpa bangun. Merupakan tarian raja-raja atau bangsawan beserta keluarganya. Setelah sepasang penganten menari, maka menyusul penari membawakan tari, sehingga keuda jenis taridimaikan seolah-olah menjadi senyawa pembukaan.

 Baca selanjutnya :

a. Tari Anak

b. Tari Pahlawan

c. Tari Lagu Duo

d. Tari Perak-Perak

e. Tari Payung

f. Dampeng

Sumber : Bunga Rampai Tapian Nauli.


Posted in: pesisir