Pariwisata Kota Sibolga Dalam Lingkup Nyata

Posted on 10 Februari 2009

57


Oleh : Tommy Em

Kota Sibolga Terlihat Dari Poncan Gadang

Salam untuk semua, terutama untuk waga Kota Sibolga. Saya mewakili Ogek-Uning 2008 Kota Sibolga ingin menyampaikan Aspirasi dan Harapan akan Pariwisata Kota Sibolga.

Terpilihnya kami menjadi Ogek-Uning Duta Pariwisata 2008 Kota Sibolga merupakan kebanggan yang luar biasa, karena kami sebagai kaum muda Sibolga diberi kepercayaan untuk mempromosikan Pariwisata Kota Sibolga. Kebanggaan kami semakin berlimpah dengan indahnya Pariwisata Kota Sibolga, hal itu tak lepas dari peran Pemerintah Kota Sibolga yang merangkul warganya ke arah yang lebih baik.

Kota Sibolga yang kecil namun memiliki nama yang besar, hal itu dibuktikan dari tema Kota Sibolga “Negeri Berbilang Kaum, Kota perekat umat beragama”. kalimat itu merupakan fakta yang luar biasa. Tak lepas dari hal itu, yang patut dibanggakan adalah Pariwisata Kota Sibolga. Tetapi, kami sebagai kaum muda merasa bingung untuk mempromosikan Objek Pariwisata Sibolga, karena keindahan yang dulu terngiang terasa semakin pudar.  Pariwisata Sibolga sangat beragam untuk  dijadikan objek vital bagi wisatawan dari luar daerah maupun internasional, namun kepudaran keindahan itu menjadikan kendala bagi wisatawan untuk berkunjung, seperti :

  1. Tanggo Saratus

Tanggo Saratus

Objek Pariwisata bersejarah ini merupakan salah satu icon Kota Sibolga, namun banyaknya semak belukar yang tumbuh bebas dan dijadikan tempat yang melanggar nilai dan norma agama menjadikan objek pariwisata ini terkesan menyeramkan.

  1. Tor Simarimbing

Objek wisata alam ini mengandung banyak keindahan, namun yang selalu menjadi kendala adalah jalur transportasi.

  1. Benteng Ketapang.

    Benteng Ketapang

Objek bersejarah ini harus dipertahankan, namun selain jalur transportasi yang menjadi kendala alalah sistem keamanan yang minim bagi pengunjung.

Dan banyak lagi kekurangan akan Pariwisata Sibolga, itu hanya bagian terkecil. Kurangnya petunjuk akan objek Pariwisata Sibolga juga menjadi kendala. Ada baiknya, di setiap perbatasan Kota Sibolga diberi petunjuk tentang objek-objek Pariwisata Sibolga beserta petunjuk jalur menuju objek pariwisata tersebut. Sehingga orang yang hanya lewat pun mengetahui.

Jikalau dalam promosi berupa Foto-Foto Objek Pariwisata Sibolga terkesan sangat mengagumkan, namun ada baiknya kenyataan fisik yang dibenahi. Kami berharap kepada Pemerintah Kota Sibolga untuk memperhatikan hal ini, karena inilah salah satu kunci majunya Kota Kita ini. Mengapa daerah lain bisa mengundang investor-investor besar untuk menciptakan objek pariwisata yang besar, sebaiknya kita sama-sama berbenah. Kami sebagai kaum muda Kota Sibolga beserta masyarakat siap mendukung. Kita mulai dari hal terkecil, yaitu agar Warga Kota Sibolga lebih memilih berwisata didaerah sendiri ketimbang daerah lain. Saya akhiri tulisan ini dengan harapan besar untuk Kota Sibolga.

Horas…Yaahowu….Manjua-jua

Posted in: pesisir, wisata